APA ITU SCRIBUS?



Scribus adalah penerbitan aplikasi (DTP) desktop, dirilis di bawah GNU General Public License sebagai perangkat lunak bebas. Hal ini didasarkan pada toolkit Qt bebas, karena versi asli yang tersedia untuk Linux, Unix-seperti sistem operasi, Mac OS X, Microsoft Windows, OS / 2 dan eComStation. Ia memiliki sejumlah fitur tata letak halaman dan bersaing dengan aplikasi komersial terkemuka seperti Adobe PageMaker, PagePlus, QuarkXPress atau Adobe InDesign.
Scribus dirancang untuk tata letak, huruf dan mempersiapkan file untuk kualitas gambar peralatan pengaturan profesional. Hal ini juga dapat membuat presentasi PDF animasi dan interaktif dan bentuk. Contoh penggunaan mencakup koran kecil menulis, brosur, buletin, poster, dan buku.
Manual Scribus resmi, dipublikasikan melalui Buku fles, telah tersedia sejak 19 Januari 2009.
Fitur Umum Ikhtisar Scribus mendukung semua format bitmap utama, termasuk TIFF, JPEG dan Adobe Photoshop. Gambar vektor dapat diimpor atau langsung dibuka untuk mengedit. Daftar panjang format yang didukung termasuk PostScript Encapsulated, SVG, Adobe Illustrator, atau Xfig. Profesional jenis / gambar fitur pengaturan warna CMYK termasuk dan manajemen ICC warna. Ini memiliki mesin built-in scripting menggunakan Python. Ini tersedia dalam lebih dari 24 bahasa. Tingkat tinggi pencetakan dicapai dengan menggunakan tingkat sendiri 3 driver PostScript internal, termasuk dukungan untuk embedding font dan sub-pengaturan dengan TrueType, Type 1 dan font OpenType. Sopir internal yang mendukung konstruksi penuh PostScript Level 2 dan subset besar Level 3 konstruksi. Dukungan PDF meliputi transparansi, enkripsi dan satu set besar spesifikasi 1,5 PDF, serta PDF/X-3, termasuk bentuk bidang interaktif PDF, penjelasan dan bookmark. Format file, disebut SLA, didasarkan pada XML. Teks dapat diimpor dari dokumen teks OpenDocument, serta OpenOffice.org Writer, Microsoft Word, PDB (Palm OS) dan format HTML (meskipun beberapa keterbatasan berlaku). File ODT biasanya dapat diimpor bersama dengan style paragraf mereka, yang kemudian dibuat dalam Scribus. Tag HTML yang memodifikasi teks, seperti tebal atau miring juga akan ditangani dengan cukup baik. Sejauh ini, Word dan dokumen PDB hanya akan diimpor sebagai teks biasa.
Meskipun Scribus mendukung pengkodean karakter Unicode, saat ini tidak benar mendukung render naskah yang kompleks sehingga tidak bisa digunakan dengan teks Unicode untuk bahasa yang ditulis dengan bahasa Arab, Ibrani, Indic dan Tenggara sistem penulisan Asia . Pada bulan Agustus 2012 itu diumumkan bahwa pihak ketiga telah mengembangkan sistem untuk mendukung skrip-skrip Indic kompleks. Versi 1.6 diharapkan dapat memberikan implementasi meja yang lebih baik, PDF/X-1a, PDF/X-4 dan PDF / E dukungan. Catatan kaki, catatan marjinal dan ePub mengekspor sedang dalam pengembangan.
Dukungan untuk program lain dan format Scribus tidak dapat membaca atau menulis format file asli dari program DTP lain seperti QuarkXPress, Microsoft Publisher, atau InDesign, para pengembang merasa bahwa reverse engineering mereka format file akan prohibitively rumit dan bisa mengambil risiko tindakan hukum dari pembuat program-program. Meskipun demikian, dukungan dasar untuk file Tag QuarkXPress dan InDesign IDML itu, serta format ICML InCopy ini telah ditambahkan ke cabang pembangunan. Karena masalah perizinan, paket perangkat lunak tidak termasuk dukungan untuk sistem pencocokan warna Pantone (PMS), yang termasuk dalam beberapa aplikasi komersial DTP. Meskipun demikian, ada cara-cara hukum untuk memperoleh dan memasukkan warna Pantone dalam Scribus.  Scribus sudah dikirim dengan lebih dari 100 palet warna, sebagian besar yang telah disumbangkan oleh berbagai vendor warna komersial, tetapi juga termasuk ilmiah, nasional atau pemerintah warna standar.

Comments