ISBD : KLIPING MANUSIA, KERAGAMAN, DAN KESETARAAN 2



Beckham Bikin Tim Sepak Bola Wanita Ini Bersolek
  
TEMPO.COLondon - Kesebelasan wanita Inggris Raya tampil habis-habisan ketika menang 3-1 atas Uni Emirat Arab, Senin, 30 Juli 2012. Namun bukan performa Inggris Raya saja yang maksimal, melainkan penampilan fisik mereka kala mengolah si kulit bundar. Para pemain asuhan Hope Powell itu bersolek karena disaksikan oleh David Beckham.
Kedatangan Beckham sebelumnya sudah dikabarkan Powell kepada pemainnya. Sontak saja kabar tersebut membuat para pemain tampil maksimal dalam segi fisik. “Mereka menyisir rambut hingga seribu kali, dan menggunakan lipstik,” kata Powell. Sosok Beckham memang selalu menjadi pusat perhatian publik. Meski sudah memasuki usia 37 tahun, popularitas Beckham belum luntur, dan ia tetap menjadi idola kaum hawa. Buktinya para pemain berdandan dulu sebelum tampil, padahal penampilan mereka bakal berantakan kala berjibaku di atas lapangan.
”Pada hari Minggu (waktu setempat) saya mengatakan kepada para pemain bahwa Beckham akan menyaksikan laga secara langsung,” ujar Powell. “Mereka jadi gila, tapi saya hanya bercanda. Saya kurang yakin mereka akan percaya perkataan saya. David telah memberikan banyak dukungan, seperti halnya Kelly Holmes dan lainnya.” Beckham tak hanya sendirian datang ke stadion. Ia juga ditemani anaknya, Brooklyn, dan Pangeran Williams. Beckham dan Pangeran William tampil seragam dengan menggunakan blazer hitam dan kemeja putih. Keduanya berteman akrab, seiring upaya mempromosikan Inggris sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. “Pangeran William datang dan mengambil foto,” tutur Powell. “Ia juga mengucapkan selamat kepada para pemain, dan ia berharap agar pemain dapat tampil lebih bagus di pertandingan berikutnya.”
Dalam artikel kedua, dijelaskan bahwa Kesebelasan wanita Inggris Raya tampil habis-habisan ketika menang 3-1 atas Uni Emirat Arab, Senin, 30 Juli 2012. Namun bukan performa Inggris Raya saja yang maksimal, melainkan penampilan fisik mereka kala mengolah si kulit bundar.
Masalah yang dikemukakan di artikel ini adalah tidak hanya pria saja yang bisa bermain sepak bola. Wanita juga bisa bermain sepak bola. Dengan adanya yang mengoornidasikan wanita wanita ini akan berkarya dalam dunia.
 Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan adanya seorang pria atau wanita yang mau memajukan kreatifikas seorang wanita berarti wanita tidak akan dibedakan hak dan kewajiban dalam melakukan aktivitas. Wanita harus diberikan hak haknya dalam melakukan setiap aktivitasnya. Karena dengan ini kesetaraan tidak ada dan tidak aka nada yang membeda-bedakan hak.
Artikel ini berhubungan dengan manusia, keragaman, dan kesetaraan. Keragaman manusia bukan berarti manusia bermacam macam atau berjenis jenis seperti halnya binatang dan tumbuhan. Keragaman manusia dimaksudkan bahwa setiap manusia memiliki perbedaan. Perbedaan itu ada karena manusia adalah makhluk individu yang memiliki ciri – ciri khas tersendiri. Dan Kata kesetaraan berasal dari kata setara atau sederajat. Jadi, kesetaraan juga dapat disebut kesederajatan. Kesetaraan menunjukkan adanya tingkatan yang sama, kedudukan yang sama, tidak lebih tinggi antara satu sama lain. Berkaitan dengan keragaman dan kesetaraan, maka dalam keragaman diperlukan adanya kesetaraan. Meskipun individu adalah beragam dan berbeda beda, tetapi mereka memiliki dan diakui akan kedudukan, hak – hak dan kewajiban yang sama sebagai sesama baik dalam kehidupan pribadi maupun beramasyarakat. Di artikel ditunjukan wanita bisa berkarya dalam bidang manapun.




Artikel ini memiliki hubungan erat dengan Tri Kaya Parisudha, Tri Hita Karana, dan Tat Twam Asi. Dari kedua artikel tersebut melakukan perbuatan yang baik ini berhubungan dengan Tri Kaya Parisudha. Tri Kaya Parisuda artinya tiga gerak perilaku manusia yang harus disucikan, yaitu berpikir yang bersih dan suci (Manacika), berkata yang benar (Wacika) dan berbuat yang jujur (Kayika). Dari tiap arti kata di dalamnya, Tri berarti tiga; Kaya bararti Karya atau perbuatan atau kerja atau prilaku; sedangkan Parisudha berarti "upaya penyucian".Jadi "Trikaya-Parisudha berarti "upaya pembersihan/penyucian atas tiga perbuatan atau prilaku kita". Selain Tri Kaya Parisudha artikel ini berhubungan dengan Tri Hita Karana. Dalam kedua artikel ini mempunyai hubungan manusia dengan sesamanya. Hubungan baik manusia dengan manusia merupakan salah satu isi dari Tri Hita Karana.  Tri Hita Karana berasal dari kata “Tri” yang berarti tiga, “Hita” yang berarti kebahagiaan dan “Karana” yang berarti penyebab. Dengan demikian Tri Hita Karana berarti “Tiga penyebab terciptanya kebahagiaan”. Tat Twam Asi adalah ajaran kesusilaan yang tanpa batas, yang identik dengan perikemanusiaan dalam Pancasila. Konsepsi sila perikemanusiaan dalam Pancasila, bila kita cermati secara sungguh-sungguh merupakan realisasi ajaran Tat Twam Asi yang terdapat dalam kitab suci weda. Dengan demikian, dapat dikatakan mengerti dan memehami, serta mengamalkan/melaksanakan Pancasila berarti telah melaksanakan ajaran weda. Karena maksud yang terkandung didalam ajaran Tat Twam Asi “ia adalah kamu, saya adalah kamu, dan semua makhluk adalah sama” sehingga bila kita menolong orang lain berarti juga menolong diri kita sendiri.
Hubungannya tiap perilaku, berpikir, dan berkata yang baik dengan sesama manusia, rasa membeda – bedakan kesetaraan dalam setiap individu dan masyarakat. Dan hubungan yang baik manusia dengan manusia lainnya. Karena itu hubungan antara sesamanya harus selalu baik dan harmonis. Hubungan antar manusia harus diatur dengan dasar saling asah, saling asih dan saling asuh, saling menghargai, saling mengasihi dan saling membingbing. Hubungan antar keluarga dirumah tangga harus harmonis. Hubungan dengan masyarakat lainya juga harus harmonis. Hubungan baik ini akan menciptakan tidak adanya perbedaan hak dan kewajiban di masyarakat. Masyarakat yang aman dan damai akan menciptakan Negara yang tenteram dan sejahtera. Kita dapat mengerti dalam pelajaran Tat Twam Asi  aku adalah kamu, kamu adalah aku, sehingga kita dapat mengerti semua hak hak manusia itu sama tidak ada perbedaan semuanya dan bila kita dapat menolong orang lain atau kita sebagai pria dapat memahai hak hak wanita dan sebaliknya, berarti kita juga menolong diri kita sendiri.

Comments