VIRTUAL CARA INSTAL UBUNTU 12.04




Kami menggunakan virtualbox untuk melihat simulasi instalan ubuntu 12.04. Virtualbox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Dengan Virtualbox ini kita dapat melakukan uji coba suatu sistem operasi.

  1. Pertama kita lakukan Klik virtualbox.

  1. Akan muncul tampilan virtualbox, kemudian klik new. Untuk membuat baru simulasi.




  1. Tuliskan nama virtualnya. Pilih Operating System dan Version. Klik Next.

  1. Klik Next.
  2. Pilih antar 2 pilihan. Lalu klik Next.
  3. Klik Create
  4. Masukan terlebih dahulu CD jika menggunakan CD. Klik Start untuk memulai Virtual.
Tampilan Virtual yang akan muncul. Selanjutnya kita mulai menginstal ubuntu dalam virtual ini.

  1. Halaman pertama diperlihatkan untuk memilih bahasa yang akan digunakan untuk menginstal ubuntu. Selesai memilih bahasa yang diinginkan kemudian klik instal Ubuntu.
  2. Akan muncul “Preparing to install Ubuntu” 2 dari 3 harus ke centang. Untuk koneksi internet tidak perlu tercentang, karena itu bisa dilakukan di lain jika disaat ini kamu tidak berkoneksi dengan internet. Kemudian klik Continue.

  1. Muncul 2 pilihan pertama “Erase disk and install ubuntu” pilihan ini akan menghapus semua data yang sudah ada dan pilihan kedua “Something else” pilihan ini tidak sama dengan pilihan pertama disini kita bisa buat partisi. Kemudian Continue.

  1. Karena halaman sebelumnya kami memilih “Something else” akan muncul tampilan seperti ini. Disini kita bisa membuat partisi nya, atau membuat nya langsung di Computer Management yang berada di Windows jika sistem operasimu sudah menggunakan Windows. Klik New partition table untuk membuat baru partisi.

  1. Saat di halaman ini kita membuat partisi. Di new partision size in megabytes kita membuat memory untuk penginstal ubuntu. Di tampilan ini ada namanya Use as dan mount point.

  1. Klik partisi yang baru dibuat. Lalu kemudian klik Add. Klik Install Now.
  2. Halaman ini memberi pertanyaan “Do you want to return to the partitioning menu?” jika ingin kembali ke menu partisi pilih “Go back”, jika ingin melanjutkan pilih “Continue”.

  1. Setelah klik Continue, mulailah penginstal ubuntu. Halaman ini tampilan disana penginstalan. Halaman pertama menanyakan dimana kamu berada? Setelah selesai mencari tempat kemudian klik continue.

    Halaman kedua akan muncul keyboard layout. Disini untuk mengatur mekanik dan fungsional dalam sebuah komputer. Selesai memilih bahasa di keyboard layout kemudian klik continue.
    Halaman Ketiga berisi tentang kita dan password. Selesai klik Continue.
Jika penginstalan belum selesai ada tampilan yang berisikan informasi tentang ubuntu.
Jika penginstalan sudah selesai, komputer harus di restart. Dengan ini Virtual selesai dijalankan.

Comments